About TSEET

Blog ini diilhami oleh nama burung TSEET yang oleh kepercayaan Masyarakat Adat Dayak Tonyoi dan Rentenukng  di Kabupaten Kutai Barat dipercaya dapat memberikan pertanda baik atau buruk, dahulu ketika mereka sedang bepergian/jalan tiba-tiba melitas burung TSEET terbang dari sebelah kanan  maka itu pertanda baik, sebaliknya bila melintas dari sebelah kiri itu pertanda buruk dan biasanya mereka tidak jadi melanjutkan perjalanan khawatir akan ada sesuatu yang akan menimpa mereka apabila tetap melanjutkan perjalanan.

Saya sendiri adalah pekerja disebuah LSM di Kutai Barat yang tertarik pada adat/budaya dan kehidupan Komunitas Masyarakat Adat setempat, dan coba berbagi cerita dengan dunia luar mengenai apa dan bagaimana kehidupan/budaya di Kutai Barat.

Semoga TSEET berguna untuk anda.

6 Tanggapan to “About TSEET”

  1. diowindow Juni 13, 2011 pada 4:11 pm #

    salam kenal,,,
    saya tertarik sekali membaca tulisan dari saudara yang cukup informatif,
    kebetulan saya adalah pendatang dan bekerja di salah satu perusahaan yg beroperasi di kutai barat,
    saya tertarik memperhatikan, mempelajari dan mencoba untuk mengerti lebih jauh tentang kehidupan adat dayak, baik sosial masyarakat sampai budayanya.. dan saya kira semuanya saling terkait,,dan saya menemukan beberapa hal yang sampai sekarang belum bisa saya pahami,
    mungkin jika berkenan ada waktu, sekiranya kita bisa berjumpa, untuk saling share dan berkenan mengajari saya tentang adat dayak di kubar.
    terima kasih sebelumnya..

    salam hangat,
    aldio
    081392907200

    • anakkubar09 Juni 14, 2011 pada 8:49 am #

      Salam kenal juga, trims ya Diowindow atas perhatiannya terhadap Tseet dan , selamat datang di Kutai Barat. Sebagai pendatang (note ;saya juga pendatang) saya salut anda mulai belajar mengenal adat dan budaya entnis dayak dan hal inilah yang sering dilupakan para new comers sehingga kemungkinan merekaagak sulit beradaptasi dengan penduduk lokal.
      Aldio maaf saya tidak bisa mengajari anda tentang adat dan budaya tapi kalau berdiskusi atau ref. buku saya ada bbrp buku.
      Ok, nanti kita atur waktunya. Terima kasih.

  2. Chalvin Jong Noya Oktober 13, 2011 pada 6:05 pm #

    Salam kenal,,,
    saya sangat senang dengan tulisan-tulisan anda mengenai kebudayaan suku dayak, karena tulisan anda sangat membantu saya dalam menyusun tugas,, perkenalkan saya adalah seorang mahasiswa baru yang berkuliah di UPH. kebetulan saya sedang mandapat tugas mengenai “Cara Melahirkan Anak menurut Kebudayaan Dayak”, dan didalam tugas tersebut saya diminta untuk melakukan hubungan komunikasi dengan seorang suku dayak,, dapatkah anda membantu saya ?

    Chalvin Noya
    085313659304

    • anakkubar09 Oktober 14, 2011 pada 3:47 pm #

      Trims Chalvin, pada prinsipnya saya bersedia membantu anda, tetapi ada beberapa hal yang harus saya ketahui supaya responden yang saya hubungi dapat percaya, untuk tu saya perlu : 1.Data diri Chalvin dan maksud dari penelitian ini dan hal2 apa yang anda ingin tanyakan; 2. Karena Etnik Dayak beragam dan kebetulan saya tinggal lebih dekat dengan Etnik Dayak Rentenukng Linggang, Tonyoi dan Benuaq, Bahau..etnik mana yang akan anda jadikan responden?.
      Untuk itu Chalvin bisa kirim email ke saya, tseet2011@gmail. com. Terima kasih

  3. julis Januari 27, 2012 pada 3:18 am #

    blog yang bagus.
    kalau berkenan saya copas juga ke web saya
    http://sendawar.com
    sesuai kategori yang ada
    thanks
    Salam Kenal

    • anakkubar09 Januari 27, 2012 pada 3:43 pm #

      Terima kasih pak Julis, silahkan saja copas ke Web anda dengan mencatumkan sumbernya.
      Salam, Tseet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: